Pages

Sunday 24 January 2016

DEKADE DAKWAH, SEBUAH EVALUASI 10 TAHUN 2005-2015





Ketika itu ana baru lulus dari SMP Negeri 1 Makassar tahun 2004 dan langsunng mendaftar di SMA yng depan SMP 1 yaitu SMA Negeri 3 Makassar. Ketika itu Alhamdulillah.. ana sudah ikut tarbiyah beberapa bulan. Jadi kurang lebih ana sedikit paham agama. Maka ana pun bergabung dengan ekskul rohis SMAN 3 Makassar IKRAMAL (Ikatan Kerukunan Remaja mushala Al Iqro). Di kelas 1 ana bergabung dalam departeman DAKRES (Dakwah dan Kaderisasi) Ikramal. Sambil mengurus organisasi juga dapat halaqah tarbiyah lagi. Dari sinilah momentum diri ana di tempa untuk bersiap berkiprah dalam dakwah di sekolah. Setelah naik kelas 2 ana pun jadi koordinator Departemen DAKRES mengurus tarbiyah dan taklim/pengajian di SMAN 3.

Karena satu dan hal, masa kepengurusan IKRAMAL ketika itu berganti ketua sehingga ana menggantikan ketua yang lama. Tahun 2015 menjadi awal kiprah dakwah yang lebih sulit lagi. Menjalani sebagai ketua rohis ketika tidak mudah karena banyak kendala dan ujian untuk mengarahkan anggota-anggota. Di penghujung kepengurusan tepatnya di kelas 3 ana menjadi bagian menghidupkan lagi forum dakwah sekolah Makassar yang telah fakum beberapa tahun. Forum dakwah sekolah yang menghimpun rohis-rohis SMA Sederajat se kota Makassar yaitu FK2I(Forum komunikasi kajian Islam). Ana pun berkoordinasi dengan beberapa senior alumni rohis-rohis SMA seperti SMAN 2, SMAN 8, dan MAN 2 Model dan beberapa ikhwa pengurus rohis lainya untuk menghidupkannya.

Maka dengan membanggakan IKRAMAL SMAN 3 menjadi tuan rumah pelaksanan MUKTAMAR FK2I Pertama, dan disepakati menambah kata “Pelajar” menjadi FK2PI. Proses muktamar itu ana di tunjuk menjadi sekertaris FK2PI membantu ketua baru FK2PI seorang senior alumni SMAN 3Makassar juga. Setelah lulus 2007 dari dakwah SMAN 3 Makassar kami pun berkoordinasi dengan alumni-alumni seangkatan kami serta pengurus rohis lainnya untuk membentuk pengurus baru FK2PI. Ana pun di angkat lagi menjadi sekertaris. Hampir dua tahun ana menjabat masa pengurusan FK2PI lalu dalam muktamar selanjutnya di tunjuk ketua baru dari alumni sekolah lain.

Setelah itu kami pun berkiprah di dakwah kampus kami yaitu  Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Ana terdaftar di jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Semester dua ana menghimpun ikhwa-ikhwa untuk membentuk forum kajian bersama yang ketika itu masih belum ada forum tempat dakwah kampus yang di harapkan. Ketika itu awal 2008 ana diangkat secara aklamasi sebagia ketua. Forum itu kami sebut FSDI (Forum Studi Darul Ilmi) yang masih eksternal. Di sinilah ana tertantang untuk berdakwah lebih sulit lagi di kampus. Alhamdulillah dengan pengalaman di sekolah dahulu menjadikan ana kurang lebih dapat menjalaninya. Tak hanya di eksternal ana juga bergabung dengan UKM LDK Al Jami UIN Alauddin Makassar (UINAM) sebagai anggota. Kiprah dakwah ana di kampus juga menghantarkan ana mendapat kepercayaan menjadi penanggung jawab Fakultas Tarbiyah dan keguruan Badan Pelaksana Mentoring (BPM) dan menjadi  Pengurus BEM Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Terakhir FSDI berubah menjadi MPM (mahasiswa pecinta Masjid) UINAM.

Lama ana tinggalkan dakwah sekolah walaupun ana tetap komunikasi pengurus FK2PI ketika itu. Barulah di tahun 2010 ana diangkat sebagai ketua FK2PI dalam suatu muktamar. Dari sinilah tantangan dakwah yang lebih luas lagi karena hampir semua sekolah SMA sederajat seMakasar yang di bina oleh FK2PI. Alhamdulillah dengan segala kekurangnya di masa ana itu ana bersyukur dapat mengembangkan dakwah sekolah melalui wadah yang bernama FK2PI. Setelah masa pengurusan ana selesai lalu diganti dalama suatu muktamar. Agar tetap dapat berkiprah di dakwah sekolah ana pun menjabat sebagai dewan Pembina sampai sekarang. Selain itu juga ana dapat amanah mentarbiyah di sekolah serta kampus. Khusus di kampus ana juga menjadi Pembina Mahasiswa Pecinta Mushala (MPM) UINAM sebagai bentuk penjagaan dakwah di sana.

Sementara menjalani semuanya di pertengahan tahun 2013 ana bergabung dalam Komunitas Blogger Pena Sunnah (KBPS) dari suatu pelatihan yang d adakan ikhwa-ikhwa blogger. Dari situ blog ini lahir dan sampai sekarang terus ana posting artikel-artikel di dalamnya. Beberapa bulan kemudian ana diangkat sebagai ketua KBPS untuk pertama kalinya dalam KOPDAR pertama juga. Tidak terlalu banyak yang ana dapat perbuat dalam menjalani amnah sebagai ketua walaupun begitu ana tetap berusaha saja.

Di penghujung 2015 Alhamdulillah dari postingan di blog ini ana kupulkan juga artikel tulisan ana yang terbit di media jadilah sebuah buku pertama yang berjudul “Menjadi Mahasiswa Peradaban” yang di terbitkan oleh penerbit idhi/local Pena Indis.

Demikianlah sebuah perjalan dakwah ana ini, 10 tahun bukanlah waktu singkat namun harus terus berkarya dan tidak ada kata berhenti karena kita telah memulai di jalan yang Allah janjikan surga di dalamnya. Wallahualam

Ini ceritaku apa ceritamu? Semoga ceritamu ceritaku adalah cerita DAKWAH.

No comments:

Post a Comment

silakan komentar