Pages

Thursday 16 June 2011

Rohis, ternyata...

Awalnya aku tidak tertarik masuk rohis. Yang kutahu rohis itu tempatnya para ustat ustaza siswa berkumpul. Siswa-siswi yang gak gaul, kuper, jadul, dan semua lebel-lebel yang aku tidak senangi. Sampailah aku ke SMAN 3 MKS, setelah lulus  aku mengikuti MOS (masa orientasi siswa, sewaktu itu masi ada). Aku pun di hadapkan pada kak senior panitia MOS yang tidak lain adalah pengurus OSIS. Ternyata ku selidik ternyata rata –rata anak OSIS yang ikut adalah anak rohis yang jauh dari yang kubayangkan. Semenjak itu aku penasaran maka aku pun ikut bergabung ke ROHIS. Di rohis SMAN 3 MKS yang bernama IKRAMAL memiliki kepanjangan Ikatan Kerukunan Remaja Mushallah Al Iqro.

 
Ketika berkenalan dengan kak senior di rohis aku ketemu para artis-artis sekolah kenapa tidak mereka selalu langganan juara kelas. Kelas favorit 2 ipa 1, 3ipa1, x-a itu menjadi tempat anak rohis yang berprestasi. Aku pun dapat cipratanya, ketika ada soal susah kaya matematika ataupun fisika ya kita dapat bantuan sama kak senior di rohis kerjain soal…he…he… . et.. jangan curiga dulu, bukan di kerjakan tapi di jelaskan serta membantu jawab soal  melalui program rohis yang namanya kelompok belajar matematika, fisika, kimia ,dll selain untuk promosi rohis juga untuk membantu ade kelas dalam hal pelajaran.
Kembali aku terkejut dengan banyak anak rohis yang juga termasuk pengurus eskul yang bergengsi seperti KIR, majalah sekolah (JENIUS ; JENDELA INFORMASI BUAT SMAGA), pramuka, tekwoddo, dll. Pada hal selama ini mereka yang saya tahu hanya urusi mushallah sekolah saja. Ternyata mereka juga bisa masuk ke eskul lain katanya sih selain rohis bertujuan untuk menyalurkan bakat juga untuk berdakwa di eskul untuk mengajak pada kebaikan dan menghindari hal-hal yang buruk antar siswa seperti tauran, pacaran dsb.
Namanya juga artis sekolah(he..he..) tentu di kenal juga sama guru tapi bukan karena di kenal karena nakalnya, tapi prestasi dan akhlaq tentunya karena akhlq yang baik dan sering mengharumkan nama sekolah di setiap even perlombaan baik lokal maupun nasional, guru juga selalu mendukung kegiatan rohis seperti pengalaman sewaktu acara buka puasa bersama membutuhkan dana yang besar ternyata ada guru tahu dan merespon langsung memberikan bantuan dana di ikuti dengan guru-guru yang lain. Wah... 
Rohis seperti wadah penyimpangan barang-baranng berharga sekolah yang menyimpan banyak siswa yang cemerlang seperti mutiara, emas, zambrud, perhiasan yang merupakan asset sekolah. Bahkan rohis cukup terkenal di luar sekolah selain prestasi juga karena berhasilnya rohis ini membentuk siswa yang sebelumnya di kenal preman kini berubah jadi kaya ust-ust atau menjadi siswa berprestasi serta paling minimal berakhlaq baik, rajin shalat. Tapi ini, bukalah kerja mudah butuh kerja keras dan kesabaran.
Sehingga di rohis membuat, program-program yang tentunya sangat mendukung adanya prestasi siswa baik di dunia maupun di akhirat seperti adanya kajian-kajian kontemporer yaitu sering membahas hal-hal yang lagi hangat di bicarakan baik bersifat keagamaan atau bersifat umum tentunya dengan pemateri yang handal di dalam bidang ilmu ad dien.
Yang lebih utama adanya tarbiyah ( kelompok  kajian islam) yang di bentuk sekitar 7-10 siswa berkumpul tiap pekan untuk membahas tentang akidah, fiqih, siroh secara bertahap inilah program andalan untuk membentuk pribadi-pribadi muslim yang kahfa selain itu kita juga sering mengadakan MABIT(malam bina iman dan takwa) setiap bulan. Pada waktu itu kami merasakan bermuhasabah menyadari besarnya karunia nikmat serta merasakan ukhwa islamiyah, yang di berikan kepada Allah.
Tak terasa waktu terus berjalan, aku menjalani semua program-program tersebut dan merasakan banyak perubahan dalam diriku ini. Kini kami lulusan-lulusan SMAGA alumni rohis IKRAMAL kini telah banyak di terima di universitas terbaik di republik ini. Kini aku pun mengaku ternyata rohis telah mengubah jalan pemikiranku menuju jalan yang penuh di ridhoi oleh Allah.

wallahualam

1 comment:

silakan komentar